Minat Lulusan SLTP Masuk SMA YPK Sentani Cukup Tinggi

nicolas, 19 Jul 2019,
Share w.App T.Me

JAYAPURA - Minat Siswa -siswi lulusan SLTP di Kabupaten Jayapura untuk melanjutkan studinya ke Sekolah Menengah Atas (SLTA) Yayasan Pendidikan Kristen GKI Di Tanah Papua  YPK Sentani cukup tinggi, terlihat setiap tahunnya animo pendaftar yang masuk dan mengambil Formulir ke sekolah tersebut cukup banyak setiap tahun ajaran baru.

Sejak didirikan bulan Juni 2011 SMA YPK sentani anggkatan pertama  mencapai 80 siswa yang mengikuti proses belajar mengajar di sekolah tersebut yang  saat itu di pimpin oleh seorang Guru SMP sengaja  di tempatkan  YPK untuk memimpin berjalannya proses persekolahan di sekolah tersebut, namun tidak maksimal.

Kepala Sekolah SMA YPK Sentani Fransiska Hokoyoku, M.Pd saat di temui di ruang kerjanya Kamis, 18 Juni 2019 mengatakan antusias siswa lulusan SMP untuk mendaftarkan dirinya dinsekolah yang di pinpinnya sejak januari 2012 , pada tahun ajaran 2019/2020 animo siswa -siswi SMP yang ingin melanjutkan ke SMA YPK Sentani cukup tinggi. Hal itu terbukti dimana formulir pendaftaran yang sudah kekuar atau tersebar yakni sebanyak 128 yang mengambil formulir namun pihak sekokah sendiri di batasi ruangan kelas, hanya 92 siswa yang di terima untuk melanjutkan pendidikan di SMA YPK sentani.

"Tahun ini meningkat dari tahun lalu hanya 70 sekian dan itu bagaimana sekolah bisa memperkenalkan sekokah ini keluar lewat prestasi," katanya.

Lanjut Frasiska Hokoyoku dari 92 siswa yang di terima tahun ini , terbagi di dua jurusan yakni jurusan IPA dan IPS  kurikulum yang di gunakan saat ini yakni kurikulum 2013 yang sudah di terapkan dari tahun 2016, namun dirinya tidak menapik bahwa sekolah mengalami kendala yakni kurikulum yang akan dinperkenalkan kepada guru kadang guru lamban untuk menyesuaikan kurikulum terbaru,  selain itu dari kenyamanan sekolah, gedung yang sampai saat ini belum di lengkapi tenaga keamanan sekolah.

"Semua itu proses tapi kami biasa buat kegitan akhir tahun ajaran kami siapkan guru " tuturnya.

Pihak sekolah juga ungkap Hokoyoku, dari 90 siswa pihaknya membuat tiga Rombongan Belajar (Rombel) bagi siswa kelas 10 di bagi ada dua jurusan yakni IPA dan IPS masing satu dan dua kelas .

Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ,terang Frasiska Hokoyoku pihak SMA YPK Sentani melakukan Ujian sendiri di dukung fasilitas Komputer sendiri langsung di awasi oleh guru komputer sekolah.

"Kami sudah laksanakan UNBK sendiri total guru di sini guru PN ada 12, guru honor 7 jadi semuanya 19 orang " Ungkapnya.

Frasiska Hokoyoku berharap dalam mengubah siswa hingga memiliki kemampuan yang tinggi butuh proses panjang, sehingga pihak sekolah menerapkan materi mental spiritual yang lebih utama , sedang kemampuan akademik di susul pada urutan kedua,alasannya jika mental spiritualnya baik otomatis siswa tersebut akan berubah dan tenang sehingga mampu melalui proses yang di jalani. (Nees Makuba) 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu